Makalah PT.Telekomunikasi Indonesia

 

MAKALAH

BISNIS INFORMATIKA

PT. Telekomunikasi Indonesia


DISUSUN OLEH :

KELOMPOK 3

KEVIN NATANAEL - 50420647

ALLESANDROALVIOLINARIS - 50420145

YARIS RIYADI HIDAYAT - 51420287

NAFAL RAYA DARMAWAN - 50420943

EKA ARI PRAYOGA - 50420412

SYAHREZA DWI MAHARDIKA – 51420221

 

 

 

Teknik Informatika

UNIVERSITAS GUNADARMA

 2022

 

 

 

 

i

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Kami sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

 

 

 

 

 

Bekasi, 08 Maret 2022

 

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ii

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………...…...i

KATA PENGANTAR……………………………………………………………..………….ii

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………...…..iii

BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………..………………....1

A.    LATAR BELAKANG………………………………………..…………………....1

B.     RUMUSAN MASALAH………………………………………………………….1

C.     TUJUAN…………………………………………………………………………..1

BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………….………………..4

A.    Profil Usaha PT. Telkom Indonesia………………………………………...……..4

B.     Struktur Organisasi PT. Telkom…………………………………………………...4

C.     Tujuan dan Visi Misi Perusahaan……………………………………………….…5

D.    Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan……………………………………….…..5

BAB III PENUTUP……………………………………………………………...………….....6

A.    KESIMPULAN……………………………………………………………………6

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………….....…...7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iii

BAB 1

PENDAHULUAN

 

A. LATAR BELAKANG

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (“TELKOM”, “Perseroan”, atau “Perusahaan”) adalah penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel (fixed wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan.

Di luar layanan telekomunikasi, Telkom juga berbisnis di bidang Multimedia berupa konten dan aplikasi, melengkapi portofolio bisnis Perusahaan yang disebut TIMES.
Bisnis telekomunikasi adalah fundamental platform bisnis Perusahaan yang bersifat legacy, sedangkan portofolio bisnis lainnya disebut sebagai bisnis new wave yang mengarahkan Perusahaan untuk terus berinovasi pada produk berbasis kreatif digital. Hal tersebut mempertegas komitmen Telkom untuk terus meningkatkan pendapatan di dalam situasi persaingan bisnis di industri ini yang sangat terbuka.

Dalam meningkatkan usahanya serta memberikan proteksi yang sesuai dengan keinginan masyarakat, PT.Telkom telah membuka kantor-kantor Cabang dan Perwakilan yang terdapat di berbagai regional yang terdiri dari : 7 DIVRE yaitu Divre 1 Sumatera, Divre 2 Jakarta, Divre 3 Jawa Barat, Divre 4 Jawa Tengah & DI.Yogyakarta, Divre 5 Jawa Timur, Divre 6 Kalimantan, Divre 7 Kawasan Timur Indonesia.PT. Telkom Juga mempunyai anak perusahaan seperti, Telkomsel, Telkomvision/Indonusa, Infomedia, Graha Sarana Duta / GSD, Patrakom, Bangtelindo, PT FINNET Indonesia.

Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi TELKOM:

·         Telepon

1.      Telepon tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang hingga kini masih menjadi monopoli TELKOM di Indonesia.

2.      Telkom Flexi, layanan telepon fixed wireless CDMA.

·         Data/Internet

1.      TELKOMNet Instan, layanan akses internet dial up.

2.      TELKOMNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan.

3.      Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL.

4.      e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron).

5.      Solusi Enterprise- INFONET.

6.      TELKOMLink DINAccess.

 

 

1

Untuk menghadapi tantangan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas dankonektivitas tanpa putus, TELKOM telah memperluas portofolio bisnisnya yang mencakup telekomunikasi, informasi, media dan edutainment (TIME). Dengan meningkatkan infrastruktur, memperluas teknologi Next Generation Network (NGN) dan memobilisasi sinergi di seluruh jajaran TELKOMGroup, TELKOM dapat mewujudkan dan memberdayakan pelanggan ritel dan korporasi dengan memberikan kualitas, kecepatan, kehandalan dan layanan pelanggan yang lebih baik.

 

B. RUMUSAN MASALAH

1.       Bagaimana profil usaha PT. Telkom ?

2.       Bagaimana pengembangan usahanya ?

3.       Bagaimana struktur organisasi PT. Telkom ?

 

 

C. TUJUAN

1.       Dapat mengetahui profil usahanya

2.       Mengetahui struktur organisasinya

3.       Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Profil Usaha PT. Telkom Indonesia

 

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, (Telkom) adalah BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia. Saat ini sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (53,6%), dan 46,4% dimiliki oleh Publik, Bank of New York, dan Investor dalam Negeri. Telkom mempunyai 13 anak perusahaan. Telkom telah melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler (Telkomsel) lebih dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta.

Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan komunikasi lainnya termasuk interkoneksi jaringan telepon, multimedia, data dan layanan terkait komunikasi internet, sewa transponder satelit, sirkit langganan, televisi berbayar dan layanan VoIP. Perusahaan yang memiliki visi menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”) di kawasan regional ini telah mendominasi lebih dari 60 persen pangsa pasar broadband Indonesia. Artinya Telkom sudah memiliki lebih dari 19 juta pelanggan broadband. Telkom memiliki kapasitas gateway internet lebih dari 106,4 Gbps. Perusahaan ini selalu berusaha memastikan kecukupan gateway internet guna memenuhi kebutuhan konsumen baik dari  fixed broadband maupun mobile broadband.

Telkom berfokus pada layanan TIMES dan berkomitmen mempelopori masyarakat digital di Indonesia. Telkom mempunyai grand strategy menuju sustainable competitive growth dengan sasaran pertumbuhan organik meliputi layanan konsumer, layanan enterprise, dan layanan wholesale dan internasional, yang didukung oleh 10 juta sambungan POTS dan 5 juta sambungan Speedy. Serta pertumbuhan inorganik yang diraih dengan pengembangan bisnis baru, pengelolaan portofolio strategis, serta membangun sinergi antara perusahaan dan entitas anak perusahaan.

 

B.    Struktur Organisasi PT. Telkom


C.    Tujuan dan Visi Misi Perusahaan

a.      Tujuan

Mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah yang terbaik bagi para pemangku kepentingan.

b.      Visi

Menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat

c.       Misi

1.      Mempercepat pembangunan Infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

2.      Mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa.

3.      Mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pelanggan terbaik

 

 

D.    Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan

a.       Kelebihan

1.      Pelanggan dapat terhubung ke Internet, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima atau menelepon. Jika akses menelepon diaktifkan, maka ada iuran bulanan dibebankan kepada pelanggan. Kalau dinonaktifkan fasilitas menelepon tapi masih bisa menerima telepon, maka biaya tambahan per bulan tersebut ditiadakan.

2.      Bagi pelanggan lama, Speedy tidak memerlukan kabel telepon baru. 

3.      Proses pemasangan cukup menyambung kabel telepon yang telah ada ke modem. Akses Internet menggunakan Speedy di Indonesia kecepatannya semakin tinggi jika kabel serat optik telah merata digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

b.      Kekurangan

1.       Speedy akan bekerja dengan sempurna jika lokasi cukup dekat dengan sentral telepon. Dalam jarak 0-2 km bentangan kabel, ADSL2+ yang dipakai oleh Speedy dapat mencapai kecepatan sekitar 24 mbps akan stabil kecepatannya. Kualitas kecepatan semakin menurun jika kabel tembaga telah berusia tua dan jarak DSLAM terlalu jauh dari rumah pelanggan. Kabel serat optik dapat menetralisir kekurangan ini, namun sedang dalam pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

2.       Speedy lebih cepat menerima data daripada mengirim data melalui Internet.

3.       Layanan Speedy tidak ada di wilayah yang tidak ada jaringan telepon yang disediakan Telkom.

4.       Layanan Speedy Biasananya Sering DC Apabila Dalam Keadaan Buruk Seperti Hujan + Petir.

5.       Untuk Layanan Speedy Yang Masih Menggunakan Tembaga Harus Ada Perawatan Berkala dan masih ada gelombang radio.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

BAB III

 PENUTUP

A.    KESIMPULAN

1.      PT.Telkom adalah perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak dibidang telekominikasi yang bertujuan melayani pelanggannya sebaik mungkin dengan pelayanan yang seramah dan seefisien mungkin. Selain itu PT.Telkom adalah perusahaan telekomunikasi terbaik di Indonesia terbukti dengan diperolehnya berbagai penghargaan baik yang berskala nasional maupun internasional.

2.      Sistem perencanaan PT. TELKOM dalam menyusun perencanaan Perusahaan, memiliki tujuan: agar perencanaan Perusahaan dapat dilakukan secara sistematis, lebih mudah, cepat, teratur, terintegrasi , sesuai visi dan misi Perusahaan, serta dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya; memudahkan dalam melakukan evaluasi dan pengendalian pada saat pelaksanaannya. Model perencanaan Perusahaan terdiri dari 3 (tiga) tahapan: pertama, penyelarasan harapan pemangku kepentingan, kedua, perumusan strategi Perusahaan dan ketiga, pengembangan perencanaan bisnis.

3.      Strategi Pengembangan Usaha PT. Telkom dengan melakukan : Representasi dan refleksi dari rencana strategis perusahaan, Analisa dari kualifikasi tugas yang akan diemban oleh tenaga kerja, Analisa kesediaan tenaga kerja, Melakukan tindakan inisiatif, dan Evaluasi dan modifikasi tindakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

DAFTAR PUSTAKA

 

https://egggii.wordpress.com/2013/11/12/mencari-tentang-sejarah-visi-misi-kekurangan kelebihan pada-pt-telekomunikasi-indonesia-tbk-koperasi-nusantara-dan-cv-jne/

https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22
https://arlindandaa.blogspot.com/2014/05/makalah-pt-telkom-indonesia-dasar_6.html

https://m.merdeka.com/telkom-indonesia-persero/profil/

https://fahmitugas.wordpress.com/2016/03/24/speedy3/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Web

Perbandingan Android Dengan IOS