Makalah PT.Telekomunikasi Indonesia
MAKALAH
BISNIS INFORMATIKA
PT. Telekomunikasi Indonesia
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 3
KEVIN NATANAEL - 50420647
ALLESANDROALVIOLINARIS - 50420145
YARIS RIYADI HIDAYAT - 51420287
NAFAL RAYA DARMAWAN - 50420943
EKA ARI PRAYOGA - 50420412
SYAHREZA DWI MAHARDIKA – 51420221
Teknik Informatika
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2022
i
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat
tersusun sampai dengan selesai. Kami sangat berharap semoga makalah ini dapat
menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bagi kami sebagai penyusun
merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena
keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan
kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Bekasi, 08 Maret 2022
Penyusun
ii
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………...…...i
KATA PENGANTAR……………………………………………………………..………….ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………...…..iii
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………..………………....1
A. LATAR
BELAKANG………………………………………..…………………....1
B. RUMUSAN
MASALAH………………………………………………………….1
C. TUJUAN…………………………………………………………………………..1
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………….………………..4
A. Profil
Usaha PT. Telkom Indonesia………………………………………...……..4
B.
Struktur Organisasi PT. Telkom…………………………………………………...4
C. Tujuan
dan Visi Misi Perusahaan……………………………………………….…5
D. Kelebihan
dan Kekurangan Perusahaan……………………………………….…..5
BAB III PENUTUP……………………………………………………………...………….....6
A.
KESIMPULAN……………………………………………………………………6
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………….....…...7
iii
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
PT Telekomunikasi
Indonesia, Tbk. (“TELKOM”, “Perseroan”, atau “Perusahaan”) adalah penyedia
layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan
layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel (fixed wireline) dan telepon
tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan
internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui
anak perusahaan.
Di luar layanan
telekomunikasi, Telkom juga berbisnis di bidang Multimedia berupa konten dan
aplikasi, melengkapi portofolio bisnis Perusahaan yang disebut TIMES.
Bisnis telekomunikasi adalah fundamental platform bisnis Perusahaan yang
bersifat legacy, sedangkan portofolio bisnis lainnya disebut sebagai bisnis new
wave yang mengarahkan Perusahaan untuk terus berinovasi pada produk berbasis
kreatif digital. Hal tersebut mempertegas komitmen Telkom untuk terus
meningkatkan pendapatan di dalam situasi persaingan bisnis di industri ini yang
sangat terbuka.
Dalam meningkatkan
usahanya serta memberikan proteksi yang sesuai dengan keinginan masyarakat,
PT.Telkom telah membuka kantor-kantor Cabang dan Perwakilan yang terdapat di
berbagai regional yang terdiri dari : 7 DIVRE yaitu Divre 1 Sumatera, Divre 2
Jakarta, Divre 3 Jawa Barat, Divre 4 Jawa Tengah & DI.Yogyakarta, Divre 5
Jawa Timur, Divre 6 Kalimantan, Divre 7 Kawasan Timur Indonesia.PT. Telkom Juga
mempunyai anak perusahaan seperti, Telkomsel, Telkomvision/Indonusa, Infomedia,
Graha Sarana Duta / GSD, Patrakom, Bangtelindo, PT FINNET Indonesia.
Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi
TELKOM:
·
Telepon
1. Telepon
tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang hingga kini masih menjadi monopoli
TELKOM di Indonesia.
2. Telkom
Flexi, layanan telepon fixed wireless CDMA.
·
Data/Internet
1. TELKOMNet
Instan, layanan akses internet dial up.
2. TELKOMNet
Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan.
3. Speedy,
layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan
teknologi ADSL.
4. e-Business
(i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb
Plazatron).
5. Solusi
Enterprise- INFONET.
6. TELKOMLink
DINAccess.
1
Untuk menghadapi
tantangan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan mobilitas dankonektivitas
tanpa putus, TELKOM telah memperluas portofolio bisnisnya yang mencakup
telekomunikasi, informasi, media dan edutainment (TIME). Dengan meningkatkan
infrastruktur, memperluas teknologi Next Generation Network (NGN) dan
memobilisasi sinergi di seluruh jajaran TELKOMGroup, TELKOM dapat mewujudkan
dan memberdayakan pelanggan ritel dan korporasi dengan memberikan kualitas,
kecepatan, kehandalan dan layanan pelanggan yang lebih baik.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana
profil usaha PT. Telkom ?
2.
Bagaimana
pengembangan usahanya ?
3.
Bagaimana
struktur organisasi PT. Telkom ?
C. TUJUAN
1.
Dapat
mengetahui profil usahanya
2.
Mengetahui
struktur organisasinya
3. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan
3
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Profil Usaha PT. Telkom Indonesia
PT. Telekomunikasi
Indonesia, Tbk, (Telkom) adalah BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan
telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia. Saat ini sahamnya dimiliki
oleh Pemerintah Indonesia (53,6%), dan 46,4% dimiliki oleh Publik, Bank of New
York, dan Investor dalam Negeri. Telkom mempunyai 13 anak perusahaan. Telkom
telah melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler
(Telkomsel) lebih dari 125 juta dan pelanggan tetap 25,8 juta.
Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan
komunikasi lainnya termasuk interkoneksi jaringan telepon, multimedia, data dan
layanan terkait komunikasi internet, sewa transponder satelit, sirkit
langganan, televisi berbayar dan layanan VoIP. Perusahaan yang memiliki visi
menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication,
Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”) di kawasan regional ini
telah mendominasi lebih dari 60 persen pangsa pasar broadband Indonesia.
Artinya Telkom sudah memiliki lebih dari 19 juta pelanggan broadband. Telkom
memiliki kapasitas gateway internet lebih dari 106,4 Gbps. Perusahaan ini
selalu berusaha memastikan kecukupan gateway internet guna memenuhi kebutuhan
konsumen baik dari fixed broadband maupun mobile broadband.
Telkom berfokus pada layanan TIMES dan
berkomitmen mempelopori masyarakat digital di Indonesia. Telkom mempunyai grand
strategy menuju sustainable competitive growth dengan sasaran pertumbuhan
organik meliputi layanan konsumer, layanan enterprise, dan layanan wholesale
dan internasional, yang didukung oleh 10 juta sambungan POTS dan 5 juta
sambungan Speedy. Serta pertumbuhan inorganik yang diraih dengan pengembangan
bisnis baru, pengelolaan portofolio strategis, serta membangun sinergi antara
perusahaan dan entitas anak perusahaan.
B. Struktur
Organisasi PT. Telkom
C.
Tujuan dan Visi Misi Perusahaan
a.
Tujuan
Mewujudkan
bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah
yang terbaik bagi para pemangku kepentingan.
b. Visi
Menjadi
digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat
c. Misi
1. Mempercepat pembangunan Infrastruktur dan platform
digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh
masyarakat.
2. Mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu
mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa.
3. Mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan
pelanggan terbaik
D.
Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan
a.
Kelebihan
1.
Pelanggan
dapat terhubung ke Internet, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima
atau menelepon. Jika akses menelepon diaktifkan, maka ada iuran bulanan
dibebankan kepada pelanggan. Kalau dinonaktifkan fasilitas menelepon tapi masih
bisa menerima telepon, maka biaya tambahan per bulan tersebut ditiadakan.
2.
Bagi
pelanggan lama, Speedy tidak memerlukan kabel telepon baru.
3.
Proses
pemasangan cukup menyambung kabel telepon yang telah ada ke modem. Akses
Internet menggunakan Speedy di Indonesia kecepatannya semakin tinggi jika kabel
serat optik telah merata digunakan di seluruh wilayah Indonesia.
b.
Kekurangan
1.
Speedy
akan bekerja dengan sempurna jika lokasi cukup dekat dengan sentral telepon.
Dalam jarak 0-2 km bentangan kabel, ADSL2+ yang dipakai oleh Speedy dapat
mencapai kecepatan sekitar 24 mbps akan stabil kecepatannya. Kualitas kecepatan
semakin menurun jika kabel tembaga telah berusia tua dan jarak DSLAM terlalu
jauh dari rumah pelanggan. Kabel serat optik dapat menetralisir kekurangan ini,
namun sedang dalam pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.
2.
Speedy
lebih cepat menerima data daripada mengirim data melalui Internet.
3.
Layanan
Speedy tidak ada di wilayah yang tidak ada jaringan telepon yang disediakan
Telkom.
4.
Layanan
Speedy Biasananya Sering DC Apabila Dalam Keadaan Buruk Seperti Hujan + Petir.
5.
Untuk
Layanan Speedy Yang Masih Menggunakan Tembaga Harus Ada Perawatan Berkala dan
masih ada gelombang radio.
5
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
1.
PT.Telkom adalah perusahaan terbesar di Indonesia
yang bergerak dibidang telekominikasi yang bertujuan melayani pelanggannya
sebaik mungkin dengan pelayanan yang seramah dan seefisien mungkin. Selain itu
PT.Telkom adalah perusahaan telekomunikasi terbaik di Indonesia terbukti dengan
diperolehnya berbagai penghargaan baik yang berskala nasional maupun
internasional.
2.
Sistem perencanaan PT. TELKOM dalam menyusun
perencanaan Perusahaan, memiliki tujuan: agar perencanaan Perusahaan dapat
dilakukan secara sistematis, lebih mudah, cepat, teratur, terintegrasi , sesuai
visi dan misi Perusahaan, serta dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan
yang telah direncanakan sebelumnya; memudahkan dalam melakukan evaluasi dan
pengendalian pada saat pelaksanaannya. Model perencanaan Perusahaan terdiri
dari 3 (tiga) tahapan: pertama, penyelarasan harapan pemangku kepentingan,
kedua, perumusan strategi Perusahaan dan ketiga, pengembangan perencanaan
bisnis.
3.
Strategi Pengembangan Usaha PT. Telkom dengan
melakukan : Representasi dan refleksi dari rencana strategis perusahaan,
Analisa dari kualifikasi tugas yang akan diemban oleh tenaga kerja, Analisa
kesediaan tenaga kerja, Melakukan tindakan inisiatif, dan Evaluasi dan
modifikasi tindakan.
6
DAFTAR PUSTAKA
https://egggii.wordpress.com/2013/11/12/mencari-tentang-sejarah-visi-misi-kekurangan kelebihan
pada-pt-telekomunikasi-indonesia-tbk-koperasi-nusantara-dan-cv-jne/
https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22
https://arlindandaa.blogspot.com/2014/05/makalah-pt-telkom-indonesia-dasar_6.html
https://m.merdeka.com/telkom-indonesia-persero/profil/
https://fahmitugas.wordpress.com/2016/03/24/speedy3/
7
Komentar
Posting Komentar